WALK FOR JUSTICE

WALK FOR JUSTICE


Wednesday, June 16, 2010

Turki dan Ambisi Kaum Neokons?




Tidak bisa diprediksi. Ketika Israel dan Turki adalah sekutu strategis, dan kedua negara memiliki hubungan militer yang ekstensif (luas), kaum Neokonservatif menjadi pembela yang vokal dari pemerintah Turki. Kelompok-kelompok seperti Liga Anti-Fitnah (ADL) dan AIPAC, keduanya merupakan lembaga lobbi Yahudi, mendorong Kongres Amerika untuk tidak meloloskan resolusi yang akan memberikan label kepada Turki melakukan genosida terhadap Armenia selama Perang Dunia I.
"Lobi Armenia " mempunyai pengaruh, tapi tidak mempunyai komunikas yang baik terhadap AIPAC dan sekutu-sekutunya di lobi Israel. Fakta bahwa ADL sudah melindungi negara lain terhadap tuduhan genosida lebih ironis, hanya waktu itu mempunyai kepentingan politik, khususnya bagi Israel. Tetapi siapa yang mengatakan bahwa organisasi politik harus memiliki moral dan konsisten?
Setelah hubungan antara Israel dan Turki mulai memburuk, akibat kemarahan Turki atas tindakan Israel terhadap rakyat Palestina - ADL dan AIPAC menarik diri terhadap dukungannya kepada Turki. Mereka mulai memainkan dan mendorong Kongres AS mengutuk Turki yang terlibat dalam genosida terhadap Armenia, dan Israel mulai beralih posisi, dan tidak lagi menjadi pelindung Turki di Kongres AS.
Minggu lalu Jim Lobus menerbitkan karya baru di Layanan Inter Press , yang merinci, bagaimana para tokoh kaum Neokonservatif yang terkemuka telah beralih dari sebagai pendukung kuat (dan dalam beberapa kasus sebagai konsultan) dari pemerintah Turki, sekarang mereka menjadi pengkritik yang keras. Dia memaparkan cerita kebohongan yang sudah biasa mereka lakukan, yang mendiskriditkan para pemimpin Turki.
Pertama, jika hal ini tidak meyakinkan, bahwa hampir semua kaum Neokonservatif yang sangat Israel-sentris, maka tidak ada yang akan membuka rahasia berbagai kejahatan kaum Neokons. Memang, Max Boot yang menjadi cendikiawan Neocon pernah mengatakan bahwa dukungan untuk Israel adalah prinsip dan menjadi kunci utama dari kaum Neoconservatism. Tapi keterikatan mereka kepada Israel kadang-kadang disamarkan dengan klaim bahwa apa yang mereka lakukan adalah benar-benar berkaitan terhadap kebebasan dan demokrasi. Karena itu mereka mendukung Israel hanya karena dalam rangka menjaga "demokrasi hanya di Timur Tengah." Itulah pengelabuhan yang dilakukan kaum Neokons terhadap dunia.
Tapi sekarang kita melihat kaum Neokonservatif menyalahkan Turki, meskipun demokrasi di Turki berjalan baik, menjadi anggota NATO, dan sekutu kuat Amerika Serikat. Para Neocons telah berpaling dari Turki untuk memusuhinya dengan satu alasan sederhana: Israel.
Secara khusus, pemerintah Turki telah kritis terhadap perilaku Israel yang melakukan kejahatan terhadap rakyat Palestina. Dimulai dengan blokade Gaza, serta setelah agresi militer ke Gaza pada tahun 2008-2009, dan memuncak dalam serangan IDF yang mematikan di kapal Kebebasan yang berlayar menuju Gaza. Seperti yang ditunjukkan Lobus, sekelompok kaum Neokonservatif yang terkemuka sekarang sibuk mengutuk Turki, dan dalam beberapa kasus menelepon para pemimpin Eropa dan AS untuk mengeluarkan Turki dari NATO.
Apakah suatu negara itu demokratis atau tidak bagi kaum Neocons, yang penting bagi mereka adalah apakah negara itu mendukung Israel atau tidak. Jadi jika masih ada yang bertanya-tanya mengapa begitu banyak Neokonservatif bekerja tanpa mengenal lelah untuk mendorong AS menyerang Irak - meskipun Osama bin Laden di Afghanistan atau Pakistan - dan mengapa mereka sekarang mendorong untuk perang dengan Iran, juga, ada jawaban, tak lain karena kepentingan keamanan Israel semata.
Seperti sudah saya katakan berulang kali, tidak ada yang salah dengan perasaan Amerika dalam hal kebijakan luar negeri dan mengekspresikan itu dalam politik, asalkan terbuka dan jujur serta ada campur tangan dari Israel. Kaum Neocons belum lama ini di Turki, mereka mengungkapkan kebijakan yang menjadi prioritas mereka menyelamatkan Israel dari bahaya dan ancaman keamanan negara di sekelilingnya. Semuanya itu, tak lain, akibat dari tindakan Israel sendiri, yang sangat agresif.
Kaum Neokonservatif selalu menggambarkan kepentingan Amerika dan Israel pada dasarnya sama: "Di mata mereka, apa yang baik bagi Israel adalah baik untuk Amerika Serikat dan sebaliknya".
Klaim ini membuat dukungan tanpa syarat AS tampaknya seperti ide bagus, dan juga mereka mempromosikan kepentingan Israel kepada Amerika. Bagaimanapun juga, jika kepentingan kedua negara benar-benar satu dan sama, maka dengan definisi yang ada menyebabkan terjadinya konflik kepentingan, yang berarti bahwa loyalitas ganda. Antara kepentingan Israel dan kepentingan Amerika Serikat.
Saya percaya bahwa hubungan "khusus" telah menjadi berbahaya bagi kedua negara, dan bahwa hubungan yang lebih normal akan lebih baik untuk keduanya. Saat ini, hubungan khusus sedang mengalami sakit Amerika Serikat, yang memicu anti-Amerikanisme di seluruh dunia, dan membuat kita tampak sangat munafik di mata bermiliar- miliaran manusia.
Hal ini juga mendistorsi kebijakan Amerika Serikat pada sejumlah isu, seperti non-proliferasi nuklir, dan membuat sangat sulit untuk menggunakan pengaruh kita untuk memajukan penyebab perdamaian Timur Tengah. Karena Israel tetap berkeras menolak, seperti yang diperlihatkan oleh Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu.
Kegagalan Presiden Obama di depan dalam konferensi nonprolifefrasi nuklir, akiba disabot oleh Israel - meskipun janji berulang-ulang untuk berbuat lebih baik - membuat ini semua terlalu jelas. Pada saat yang sama, hubungan ini tidak biasa merugikan Israel dengan kebijakannya, yang telah meningkatkan isolasi dan yang mengancam masa depan bagi Israel untuk jangka panjang.
Hal ini juga membuat hampir tidak mungkin bagi para pemimpin AS untuk bersuara bahkan paling ringan mengkritik, ketika Israel bertindak bodoh, karena untuk melakukannya dapat merusak  hubungan khusus, dan risikonya menimbulkan kemarahan dari berbagai kelompok yang ada untuk mempertahankannya.
Meskipun Amerika Serikat dan Israel melakukan berbagi kepentingan bersama, hal ini menjadi semakin jelas bahwa kepentingan mereka tidak sama. Situasi ini menempatkan Neokonservatif akan mengalami kematian di tempat yang sulit, karena bisa memaksa mereka untuk memilih antara mempromosikan apa yang baik untuk Amerika atau membela apa yang mereka pikirkan (biasanya salah)  bagi kepentingan Israel.
Dan sejauh ini Neocons terus memukul genderang perang, karena itu ciri kaum Neokons, yang terus ingin menciptakan kekacauan di dunia. Mereka yang ada di dalam Neokons itu, tak lain para Yahudi yang ekstrim, dan pengikut partai Likud, yang sekarang dipimpin oleh Benyamin Netanyahu.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails